Cara MUDAH Menghipnotis Anak

Hasil gambar untuk hipnosis anakKetika seseorang menjelang tidur hipnogogik,ada penurunan gelombang otak yang menyebabkan terjadinya perpindahan area, yaitu dari Beta, turun ke Alpha, kemudian turun lagi ke Theta, dan akhirnya memasuki tidur sempurna yaitu Delta. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak. Atau menjelang bangun tidur ada penaikan gelombang dari delta tidur ke theta dan alfa hingga bangun sadar sepenuhnya gelombang betha.

Berdasarkan prinsip  tersebut orang tua bisa melakukan sugesti tanpa induksi formal, dengan memanfaatkan keluar masuknya ke dan dari gelombang alfa thetha. Saran atau sugesti untuk anak dapat mulai diucapkan ketika anak mulai tertidur, karena tidur di awal ini belumlah tidur sempurna (Delta) melainkan suatu kondisi dimana pikiran bawah sadar memiliki sifat paling reseptif (Theta).  Sugesti ini justru didengarkan dengan baik oleh pikiran bawah sadar mereka, sehingga berproses kepada perubahan perilaku sesuai dengan yang diinginkan.


Cara lain orang tua menggunakan cerita menjelang tidur dan dalam cerita tersebut memasukkan sugesti yang berguna dan dongeng ini bisa menembus critical faktor dan dicerna dan direaspi oleh pikiran bawah sadar. Meski kadang anak sudah tertidur sebelum dongeng selesai.

Nah, langkah – langkah dalam memberikan Hypnosleep adalah:

Langkah awal adalah membuat sugesti yang akan Anda sampaikan secara tertulis, agar kita tidak berpikir menyusun kalimat saat melakukan Hypnosleep. Hendaknya pendek, singkat dan jelas. Perhatikan juga pemakaian kata yang tepat. Intinya adalah mengatakan apa yang kita inginkan dengan kalimat positif. Hindari kalimat negatif (tidak, jangan, dll)

Amati jumlah tarikan napas anak. Hendaknya 6-8 tarikan napas per menit. Ini untuk menjamin bahwa anak tertidur pulas. Yang paling ideal adalah 6 – 7 tarikan napas per menit.
Dekati anak dengan lembut untuk melakukan Bypass terhadap pikiran kritisnya. Goyang tubuh anak dengan memegang dagunya. Goyangkan sedikit ke kiri dan kanan sambil mengucapkan kalimat berikut dengan mantap disertai nada suara rendah dan datar “Ini ….. (nama Anda atau mama atau papa) yang bicara. Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata! Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata! Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata!”

Jika subyek tertidur sangat lelap kalimat di atas mungkin perlu diulangi beberapa kali  sehingga bisa menembus level pikiran bawah sadarnya. Lanjutkan “Jika kamu dengar gerakkan jari telunjuk atau ibu jari  yang saya sentuh. Jika kamu dengar gerakkan jari telunjuk yang saya sentuh. Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata!”
Setelah itu bacakan sugesti yang telah anda susun tadi 3 atau 4 kali untuk memastikan sampai ke bawah sadarnya.

Lalu tutup dengan kalimat berikut “Kalau saya berhenti bicara maka kamu akan kembali tidur nyenyak seperti tadi. Kamu tidak akan mengingat apa yang baru saya sampaikan tapi kamu merasakan suatu perubahan dalam dirimu ketika bangun esok pagi dengan sangat segar. Sekarang tidurlah kembali dengan sangat nyenyak!”

Saat mengucapkan sugesti, hendaknya dengan suatu keyakinan bahwa apa yang kita ucapkan diterima dan dimengerti oleh anak. Keyakinan seperti apa yang saya maksud? Seyakin jika Anda makan krupuk, maka krupuk tersebut pasti hancur didalam mulut Anda.
Keesokan hari dan seterusnya berlakulah seperti telah terjadi perubahan. Jika belum melihat perubahan nyata secara janganlah gusar dan berpikiran negatif. Biarkan proses perubahan terjadi di dalam lebih dahulu. Bila perlu Anda ulangi Hypnosleep lagi pada malam harinya dengan kata-kata yang sama.

Disamping sugesti yang diberikan lingkungan juga perlu dirubah untuk membantu perubahan anak serta memfasilitasi perubahan anak, lingkungan disini termasuk sikap ayah, ibu, pengasuh, serta misal anak suka berkata kasar (contoh: goblok) ciptakan lingkungan yang tidak ada lagi kata-kata kasar tersebut terucap.

Ketika ia mulai menunjukkan perubahan hindari penggunaan kata-kata “Kok tumben ya sekarang ngomongnya baik?” atau kata-kata semacam itu. Sebaliknya dukung dengan kalimat “Bagus makin hari belajar itu makin dapat berbicara dengan sopan ya?”
Untuk setiap kasus yang Anda sugestikan beri waktu sampai terjadi perubahan baru beralih ke kasus yang lain.


Contoh sugesti untuk hypnosleep:

Semakin hari belajar adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.
Mulai besok dan seterusnya kamu akan mudah bangun jam 6 pagi.
Semakin hari kamu makin sayang sama adik / kakak kamu.
Mulai besok dan seterusnya mudah bagi kamu untuk belajar berhitung.
Semakin hari membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.

No comments:

Post a Comment