PHOBIA


PHOBIA

HALLO back with me Yoga Nurmanto Putra. Disini saya akan menjelaskan tentang apa itu phobia dan bagaimana cara agar kita bisa terbebas atau bisa sembuh dari penyakit phobia ini tanpa bantuan hipnotis atau therapy. LET’S READ...!


          Apa itu Phobia ? Phobia adalah penyakit pikiran yang di sebabkan oleh trauma masa lalu atau suatu kejadian yang baru saja di alami dan akhirnya membekas dalam pikiran alam bawah sadar, sehingga menimbulkan rasa takut yang berlebihan dan tanpa ada alasan tertentu, yang memaksa penderita penyakit phobia ini untuk menghindari dari kondisi atau situasi yang pernah di alami, sehingga bisa menghambat aktifitas yang di lakukan oleh pengidap penyakit phobia ini.
Ada 3 macam penyakit phobia, yaitu :

1.     phobia khusus : dimana si pengidap phobia mengalami ketakutan yang berlebihan terhadap sebuah objek atau keadaan tertentu seperti takut terhadap anjing, kucing, ketinggian, gelap,dan yang lainnya.
2.     phobia sosial : pengidap phobia ini terkadang menghidari atau tidak mau berada di tempat keramaian karna ia takut menjadi perhatian, takut terhadap penilaian orang lain kepadanya.
3.     phobia kompleks : seseorang yang menderita phobia ini akan takut berada di tempat terbuka, atau takut berada di tempat yang ramai.

Sebetulnya banyak sekali macam penyakit phobia ini, namun berbagai penelitian menggolongkannya menjadi 3 macam phobia seperti di atas tadi.
Ada penyebab terjadinya penyakit phobia ini, yaitu :
          Penyebab terjadinya penyakit phobia adalah sesuatu yang sederhana namun di besar-besarkan dan mendapat tekanan alam bawah sadar, seperti rasa bersalaha, malu, takut, pengalam atau kejadian buruk, atau juga faktor keturunan yang di wariskan sang nenek moyang kepada cucunya dan akhirnya mengalami rasa takut yang berlebihan terhadap hal tsb ”.

Ketika seseorang terkena penyakit phobia ini dia akan merasakan beberapa hal berikut :

-         Jantung berdebar cepat
-         Kesulitan mengatur nafas
-         Dada terasa sakit
-         Berkeringat dingin
-         Mual atau ingin muntah
-         Gemetar
-         Pusing
-         Mulut terasa kering
-         Selalu ingin pergi ketoilet
-         Lemas dan pingsan

Di atas adalah ciri-ciri orang yang sudah terkena penyakit phobia. Mereka akan merasakan hal di atas ketika di hadapkan dengan hal yang membuat mereka merasa takut, malu, bersalah, dan masa lalu yang buruk, namun ada juga yang merasa jijik ketika melihat sesuatu. Contoh : “ ketika anda melihat cicak anda merasa jijik ”, itu juga ciri phobia.

Nama-nama penyakit phobia, saya hanya menyebutkan beberapa saja :
-         Achluophobia : Takut akan kegelapan
-         Acrophobia : Takut akan ketinggian.
-         Agrizoophobia : Takut akan binatang liar
-         Arrhenphobia : Takut pada laki-laki.
-         Astraphobia or Astrapophobia : Takut pada guntur dan kilat
-         Caligynephobia : Takut pada wanita cantik.
-         Chiraptophobia : Takut disentuh.
-         Genophobia : Takut pada sex.
-         Eurotophobia : Takut pada alat kelamin wanita.
-         Hominophobia : Takut pada laki-laki.
-         Dentophobia : Takut pada doktor gigi.

Dan masih banyak lagi, untuk info nama-nama penyakit phobia silahkan klik :

Dan ada juga penyakit trypophobia, menurut saya ini aneh tapi semua penyakit phobia memang aneh-aneh, jadi jangan heran dan mentertawakannya, karena jika kalian mengalaminya, kalian pasti merasa minder ketika di tertawakan orang lain. Jadi penyakit trypophobia ini adalah rasa takut kepada lubang-lubang kecil, anda pernah tahu foto orang yang tangannya lubang-lubang, atau contoh yang paling sederhana lah, yaitu sarang lebah yang mempunyai lubang kecil-kecil, dan ketika anda melihat lubang itu, anda merasa jijik itu mengartikan bahwa anda sudah terkena trypophobia. Tapi ketika anda sudah pernah melihat foto orang yang tangannya lubang-lubang itu tidak ada sebetulnya, yang ada karena luka bakar atau penyakit lain, bukan karena penyakit trypophobia. Ada juga ini cerita pengalaman saya, saya punya sahabat waktu SMK dulu, dia wanita, dan dia mempunyai rasa takut kepada kelamin laki-laki. Kenapa saya tahu, kerna ketika dia melihat film (bukan film bokep ya.. Gunakan AKAL PIKIR ANDA) laki-laki bugil dan terlihat alat vitalnya, sahabat wanita saya ini merasa jijik dan dia tidak mau melihat, bahkan pun meski filmnya hanya menampilkan seluruh tubuh namun hanya belakang sang laki-laki sahabat saya ini merasa jijik. Jadi memang phobia ini aneh, bahkan saya saja heran dengan sahabat saya ini sampai-sampai saya pernah ngomong kedia “Kalau lu takut kayak gitu, gimana kalau sudah nikah nanti ? Lu bakalan takut setangah mati kalau suami lu bugil di depan lu..”. memiliki rasa takut itu tidak enak, layaknya memiliki musuh. Ketika dihadapkan dengan hal tersebut kita akan merasa gelisah dan... WAaahHHHHH....!!!!! shock lalu pingsan atau bahkan muntah, atau juga bisa sampai terkencing-kencing, dan rasanya ingin sekali menghilangkan rasa takut itu, gimana ya caranya ???
Jika kalian ingin tahu caranya let’s read next words.


Cara Menymbuhkan Phobia.

          Bagai mana caranya ya...???
Caranya ada 2, yaitu dengan cara pertama kita menuju ke psikologi atau ke ahli hypnotherapy, dan dengan cara ke dua kita bisa membuat diri kita menjadi biasa dengan hal yang kita takutkan, “Loh loh loh, kok cara yang kedua kayak gitu.. gk mau ah takut..”. lu mau sembuh apa kagak...??? orang sakit aja di bawa ke rumah sakit, di rumah sakit malah di sakitin tapi berakhir sembuh, tergantung memang penyakitnya apa ? kalau penyakit yang parah dan kritis. Kita hanya bisa berdo’a kepada tuhan. Namun berbeda dengan penyakit phobia ini tapi jika jantung kalian lemah saya sarankan kalian menuju ke ahli atau pakar hypnotherapy, karena saya akan menjelaskan cara menyembuhkan phobia dengan cara yang kedua. So let’s see :


          Untuk kalian yang memiliki phobia terhadap hewan, ketinggian, atau tempat gelap lakukan hal ini :

          Ajaklah sahabat anda yang mau untuk melewati rasa sedih, senang, duka, dan tawa bersama anda, kenapa saya suruh begitu. Biasanya sahabat akan merasakan apa yang kita rasakan, mereka tidak akan mentertawakan anda ketika anda dihadapkan dengan rasa takut yang menurut orang lain itu aneh, tapi itu semua terserah anda, anda ingin mengajak teman atau sahabat anda itu semua terserah anda. Ok kita lanjutkan, jika anda sudah mengajak sahabat anda, suruh sahabat anda membawa sesuatu yang anda takuti... setelah itu prosesnya :

          Sahabat anda akan mendekatkan hal yang anda takuti itu kepada anda secara perlahan, contoh : anda takut kucing, sahabat anda akan membawakan kucing kepada anda, suruh sahabat anda berdiri 10 meter di depan anda, lalu sahabat anda berjalan selangkah demi selangkah menuju anda dengan mebawa kucing tsb. Ketika anda merasa takut, suruh teman anda berhenti, lalu tenangkan hati anda dan pikiran anda katakan kepada diri anda sendiri “ Kucing itu menyenangkan ketika di pegang ”, ketika hati dan pikiran anda sudah tenang, suruh teman anda kembali untuk berjalan selangkah demi selangkah lagi, ketika anda kembali takut, lakukan hal sebelumnya. Suruh teman anda berhenti, lali ucapkan pada diri anda bahwa “ Kucing itu menyenangkan ketika di pegang ”, ketika hati anda dan pikiran anda sudah tenang, suruh lanjutkan lagi sahabat anda untuk melangkah lagi, dan ketika anda takut lagi ulangi hal sebelumnya, lakukan sampai kucing yang di bawa oleh sahabat anda bisa anda pegang ” lakukan setiap hari sampai anda tidak takut lagi terhadap hal itu.
jangan lupa untuk anda sahabat orang yang terkena phobia, selalu berikan semangat dan yakinkan sahabat anda yang mengalami phobia bahwa yang di alami itu adalah hal biasa dan bahkan menyenangkan. It’s so simple, selanjutnya untuk anda yang mengalami phobia ketinggian dan ruangan gelap

          tetap sama ajaklah sahabat anda, dan suruh dia menemani anda di tempat tersebut, saya sarankan ketika berada di tempat ketinggian dan tempat gelap, ajak lah pacar kalian atau pasangan kalian... hmmmm... whaatt no no no no... lu pasti akan melakukan sesuatu di tempat gelap kalau itu jangan... kalau di ketinggian enak masih bisa pelukan.. wkwkwk.. so funny and happy...eh ehm..jangan di tertawakan.. i’m so sorry.. paling enak, ajak orang tua saja ya... kita lanjutkan.. ketika anda berada di ketinggian, ajak orang yang menemani anda untuk melangkah selangkah demi selangkah, sambil di rangkul ya sahabatnya biar nanti kalau pingsan gak.. GEDUBLAK.. karena orang yang takut ketinggian suka berkeringat dingin, tubuhnya akan lemas dan kemudian pingsan ketika dia berada di tempat yang tinggi.. kita lanjutkan... lalu bawa sahabat anda yang takut itu menuju keujung ketinggian, tapi jangan ke ujung juga nanti kalian berdua bisa jatuh, saya tidak bertanggung jawab ya atas hal itu, yang penting anda berdiri dan anda bisa melihat pemandangan yang ada di bawah anda. Lakukan hal yang sama seperti diatas. Melangkah selangkah demi selangkah.. tapi untuk orang yang menemani.. perhatikan badan sahabatnya yang sedang anda rangkul ya, kalau tiba-tiba dia berkeringat dingin dan badannya lemas, stop di hari itu juga, lalu lanjutkan dihari besok, kenapa kerena cara yang kita gunakan ini adalah membuat sesuatu yang kita takuti menjadi hal yang biasa, layaknya lu lihat penampakan setan, tapi setan itu nongolnya setiap hari otomatis yang awalnya takut dan akhirnya tidak takut sama sekali karena setiap hari setan itu muncul di depan kita. Nanti jika anda paksa di hari itu juga untuk sembuh biar gk phobia lagi lu, dia malah jantungan terus gk tahu entah kemana kan, jadi so stop di hari itu juga ya, jangan memaksakan kehendak.
Lalu untuk anda yang phobia ruang gelap. Tetap ajak sahabat anda, tapi saya sarnkan yang ini untuk mengajak orang tua anda, namun jika anda tetap ingin mengajak teman anda, saya sarankan jika anda perempuan ajak teman perempuan anda, jika anda laki-laki (biasanya laki-laki ini nakal ya) ajak teman laki-laki anda tapi jangan LGBT, astaga -_-... dan lakulanlah hal berikut. Masuk kedalam satu ruangan bersama teman anda, tutup semua lubang yang bisa menghasilkan cahaya, lalu  biarkan lampu tetap menyala, anda duduklah di kursi, lalu Suruh teman anda mematikan lampu ruangan, ketika anda merasa berkeringat dingin, jantung berdebar kencang, dan perasaan anda takut, suruh teman anda menghidupkan lampunya lagi dan lakukan hal ini juga : “ tutuplah mata anda, dan katakan kepada diri anda bahwa di dalam kegelapan itu, tidak ada apa-apa, yang ada adalah rasa nyaman, dan rasa damai dalam diri anda, lalu tarik nafas yang dalam dari hidung dan keluarkan lewat mulut ” lakukan hal ini ketika anda merasakan takut, jantung berdetak kencang, dan keluar keringat dingi. Ketika rasa takut anda sudah hilang, suruh lagi teman anda untuk mematikan lampu lagi, ketika anda takut lagi ulangi hal yang sama seperti sebelumnya. Ulangi terus-menerus sampai rasa takut anda diruang gelap menjadi hilang dan menjadi terbiasa di ruangan yang gelap.

Dan jika anda tidak sanggup melakukan dengan cara yang kedua ini, lakukanlah cara yang pertama, yaitu pergi ke pakar hypnotherapy. Semua memang membutuhkan proses jika ingin rasa takut itu menjadi hal yang biasa atau sesuatu yang biasa kita lakukan di setiap hari. Jadi untuk anda yang ingin melakukan penyembuhan phobia dengan cara yang ke dua, saya mohon bersabar, dan telaten melakukannya setiap hari.

Untuk kalia pembaca setia blogger saya... jika ada pertanyaan tentang phobia silahkan inbox saya melalui..

Facebook
Twitter
E-mail

Terserah anda mau menanyakan hal apa pun hanya seputar tentang hipnotis atau hpynotherapy. ( HANYA UNTUK PENGETAHUAN TIDAK UNTUK PEMANFAATAN ).

SALAM HIPNOTIS
BY
YOGA NURMANTO PUTRA

No comments:

Post a Comment